10 Tempat Makan Hits Yang Wajib Dikunjungi di Bandung 2018

Bandung dikenal sebagai pusat kajian kuliner, karena kota ini adalah trendsetter jajanan di Indonesia. Buktinya, hampir setiap weekend ribuan wisatawan datang ke Bandung sekedar untuk berburu kudapan yang sedang hits di sana. Contohnya, orang-orang pasti mengincar seblak ketika sampai di Bandung. 

Tidak hanya makanannya saja yang unik-unik dan bikin kangen, tempat berburu makanan di Bandung pun sangat bervariatif. Selain karena penasaran atau sedang kangen dengan suatu kudapan, tak jarang orang datang ke tempat makan hanya karena tidak mau dibilang ketinggalan alias kurang update. 

Yang membuat orang penasaran biasanya karena makanan atau minuman yang dijual di kafe itu unik, atau konsep kafenya sendiri yang unik, keren, classy, atau lucu. Berikut 10 Tempat makan di Bandung yang lagi Hits di 2018

1. Kalpa Tree





Anak-anak gaul Bandung sudah berbondong-bondong datang ke Kalpa Tree, kalau Anda sudah belum? Bisa dibilang Kalpa Tree merupakan cafe paling hits di Bandung tahun ini. Berlokasi di daerah Ciumbuleuit membuat Kalpa Tree sangat pas dengan konsepnya yang mengusung pool party.

Ya, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan warna biru dari kolam renang dan hijau dari pepohonan. Tapi, jika Anda tidak mau makan di udara terbuka, Kalpa Tree juga menyediakan tempat indoor dan semi indoor. Walaupun sepertinya setiap orang yang datang ke sini pasti mengincar tempat duduk bundar yang berada di tengah-tengah kolam renang, sangat iconic!

Kalau Anda mau berenang di kolam itu bisa juga, kok. Anda cukup membeli makanan dan minuman hingga 80 ribu dan Anda bisa berenang sesuka hati di sana. Anda tidak perlu khawatir karena di Kalpa Tree disediakan juga kamar mandi untuk bersih-bersih setelah berenang. Tempat Kalpa Tree sangat luas, sehingga Anda bisa menyewanya juga untuk pesta ulang tahun, pertunangan hingga pernikahan.

Untuk menu makanannya standar kafe saja, yaitu makanan Western dan Asia seperti pasta, pizza dan pasta. Lalu, untuk menu Asianya tentu saja ada makanan tradisional seperti Nasi Asin Jambal, Sup Iga Pedas, dan ada juga menu Asia global seperti Dory Singapore Sauce. Kalau Anda mengincar waktu yang enak untuk ngumpul seru bersama kawan-kawan, waktu yang paling enak adalah dari jam buka hingga siang, yaitu jam 10.00 – 14.00. Kenapa pagi hingga siang? Karena biasanya kalau nongkrong bersama teman-teman, apalagi kalau reunian, orang-orang akan berfoto ria. Pada jam-jam itu cuaca dan cahaya matahari sedang bagus-bagusnya untuk berfoto.

Tapi, kalau Ada mengincar suasana yang lebih romantis, tentunya antara jam sore hingga malam hari. Range harga makanan di Kalpa Tree mulai dari Rp 20 – 170 ribuan saja. Kalpa Tree Bandung terletak di Jalan Kiputih No. 37, Ciumbuleuit. Jam buka cafe yang ngehits banget ini adalah dari jam 10 pagi – 10 malam.


2. La Costilla





Di Instagram anak-anak gaul Bandung sedang ramai untuk berfoto di samping si kaktus yang menyala ini, loh! Tempat ini bernama La Costilla. Alamatnya ada di Jalan Karang Sari No. 8. Jalan Karang Sari itu dekat dengan Jalan Setiabudi. Patokan lainnya, La Costilla dekat dengan “Saka Bistro Bar” dan “Vermount”.

Konsep La Costilla mirip seperti kafe-kafe yang ada di Bali. Siapapun pasti tidak tahan untuk segera mengeluarkan kameranya dan berfoto ketika melihat interior La Costilla yang sangat cantik. Menu yang ditawarkan La Costilla adalah perpaduan menu Spanis-Mexican. Harga makanannya standar kafe aesthetic, yaitu sekitar Rp 30 – 100 ribuan per porsi.


3. Orofi Cafe





Orofi merupakan kafe yang baru lahir pada tahun 2018 ini. Walaupun masih baru, Orofi langsung mengambil hati banyak orang. Dibuktikan dengan banyaknya orang-orang, khususnya anak muda, yang datang untuk menikmati makanan sambil melihat pemandangan di Orofi.

Kafe Orofi sangat instagramable, mulai dari interior, makanan, minuman, hingga pemandangannya keren banget untuk diposting di akun Instagram Anda. Seperti kebanyakan kafe dengan bangunan yang luas, Orofi dibagi menjadi 3 bagian, yaitu indoor, semi-indoor, dan bar.

Range harga makanan dan minuman di sini adalah Rp 25 – 150 ribuan. Pada hari kerja, Orofi buka dari jam 4 sore – 11 malam. Sedangkan untuk weekend Orofi buka dari jam 11 pagi – 11 malam. Orofi Cafe terletak di Jalan Lembah Pakar Timur No. 99, Dago Pakar (lantai 2 Valley Suki).


4. PEPO Appetite





PEPO Appetite merupakan cafe hits di Bandung yang wajib Anda kunjungi. PEPO punya konsep yang sangat unik dan cheerful, anak-anak muda khususnya cewek pasti betah banget berlama-lama di tempat ini.

Pertama kali tim kami mencoba makan di PEPO adalah yang berada di daerah Dipatiukur (dekat kampus UNIKOM). Tempatnya sangat kecil (di lantai atas sebuah ruko), tapi saat masuk ke dalam, Anda tidak akan merasa kalau tempat itu sempit.

Hal ini dikarenakan penataan dan warna-warna yang dipilih untuk menghias kafe ini sangat pas. Anda pun tidak akan merasa pengap karena sirkulasi udaranya baik. Yang unik di PEPO adalah menu es krim mie-nya. Menu ini bukanlah es krim yang dibentuk seperti mie, tapi merupakan dessert mangkok yang terdiri dari puding/mochi lalu ditambah aneka buah-buahan, es krim, jelly/boba, lalu tentunya mie kering yang rasanya manis.

PEPO Appetite memang menjagokan dessert, tapi di sini juga tersedia makanan berat seperti aneka nasi, french fries, chicken katsu, dan pempek. Sekarang kalau mau menikmati aneka makanan dan minuman di PEPO, Anda perlu datang ke Jalan Bengawan No. 20.

Tempat PEPO sekarang jauh lebih besar daripada tempatnya yang dulu di Jalan DU. Tentunya makanan dan minuman akan terasa lebih nikmat jika tempatnya lebih bagus dan luas, bukan?


5. Shawaregna





Rekomendasi dari kami selanjutnya untuk cafe hits di Bandung adalah sebuah resto all you can eat bernama Shawaregna. Untuk orang yang mengerti bahasa Sunda pasti sudah bisa mengerti kenapa kafe ini disebut “Shawaregna”, karena arti dari kata “sawaregna” adalah “sekenyangnya”. Maksudnya, Anda bebas makan sampai limit ruangan di perut Anda terpenuhi.

Biasanya resto all you can eat identik dengan makanan Jepang, Cina, dan Barat. Tapi, Shawaregna menawarkan konsep yang berbeda, karena makanan yang disediakan adalah menu-menu asal Indonesia. Anda cukup membayar Rp 36 ribuan saja, dan Anda bisa mencicipi semua makanan yang ada di sini. Lalu bagaimana dengan minumannya? Harga tersebut belum include minum, tapi harga minumanya juga tidak ada yang mahal, kok.

Menu-menu yang tersedia diantaranya adalah nasi goreng, batagor, mie kocok, siomay (baso tahu), cuanki, baso malang, gorengan, bubur ayam dan mie ayam. Sistem makanan di sini adalah buffet, jadi Anda mengambil sendiri makanan yang mau Anda makan. Kalau Anda datang di atas jam 10 malam, harga per orangnya jadi Rp 20 ribuans aja, loh! Mungkin karena jam mau tutup, jadi harganya didiskon besar-besaran, hihi.

Oh, iya, di sini mengusung tema “jangan menyia-nyiakan makanan”. Setiap makanan yang tidak dihabiskan, maka Anda akan dikenai denda. Jadi, sebaiknya Anda mengambil setiap makanan dengan porsi kecil-kecil saja, ya. Walaupun begitu, jangan malu untuk bolak-balik untuk mengambil makanan, karena konsep makan di Shawaregna memang seperti itu!

Shawaregna terletak di Jalan Sindang Sirna No. 21 (daerah Setra Sari keatas). Jam buka Shawaregna adalah dari jam 10 pagi – 11 malam. Jika Anda mau datang dengan rombongan, sebaiknya reservasi dulu karena tempatnya hanya bisa menampung 70 orang. Apalagi jika momen-momen seperti buka puasa bersama, Anda wajib reservasi jauh-jauh hari untuk mendapatkan tempat.


6. The Parlor






Cafe hits di Bandung yang lagi happening di tahun 2018 selanjutnya adalah The Parlor. Rasanya belum keren kalau belum pernah datang ke The Parlor. Jika Anda belajar bahasa Perancis, mungkin Anda akan langsung paham dengan konsep kafe ini. “The parlor” dalam bahasa Perancis berarti “ruang tamu”, sehingga konsep yang diusung kafe ini membuat Anda merasa santai layaknya sedang nongkrong di ruang tamu di rumah sendiri.

The Parlor berlokasi di Jalan Rancakendal Luhur No. 9 dengan luas kafe yang fantastis, yaitu sekitar 500 m2. Dengan luas yang sangat mumpuni ini, The Parlor tidak hanya menawarkan tempat makan saja, tapi juga tempat berkumpul, berbelanja dan tempat menuangkan kreativitas pengunjungnya. Anda dapat mengunjungi cafe hits di Bandung ini mulai dari jam 10 pagi – 11 malam.


7. Beus Cafe






Beus Cafe merupakan satu satunya kafe di Indonesia yang berbentuk bis. Kalau Anda sedang jalan-jalan di daerah Dago lalu melihat sebuah bus nangkring, coba dilihat dulu, siapa tahu itu adalah Beus Cafe. Lebih tepatnya, Beus Cafe terletak di Jalan Raya Golf No. 95, Dago.

Anda tidak perlu khawatir takut terkena turbulance atau mabuk darat, karena bus ini diam di tempat (tidak jalan-jalan). Anda bisa memilih mau duduk di dalam atau di atap bus. Kalau di bawah, ruangannya full AC, kalau di atas tentunya pakai AG alias angin gelebug (angin alami).

Menu yang ditawarkan di Beus Cafe adalah makanan khas nusantara seperti Gurame Bakar Jeos, Jengkol Bakar Jeos dan Iga Bakar Jeos. Lalu ada juga menu fushion seperti Chicken Wings ala Beus dan menu dengan titel “Jeos” di belakangnya yang berarti makanan hot plate. Anda para pencinta kopi juga bisa banget berkunjung ke Beus Cafe karena di sini ada menu kopi khas Indonesia seperti Kopi Kawung Special.

Kisaran harga makanan dan minuman di cafe hits ini mulai dari Rp 5.000 – 70.000 saja. Beus Cafe buka setiap hari, jadi Anda bisa datang saja kapanpun Anda inginkan diantara jam 11 siang – 10 malam. Untuk reservasi, Anda bisa menghubungi Beus Cafe di nomor telepon (022)-20455975 dan WhatsApp 081224346434.


8. Happy Snow Bingsu





Siapa yang suka makan Bingsu? Patbingsoo atau Bingsu adalah dessert khas Korea Selatan yang sangat digemari. Biasanya Patbingsoo disantap saat musim panas di Korea. Tapi, kalau di Indonesia sih rasanya bisa dimakan kapan saja, bukan? Mengingat kita hanya punya dua musim dan hampir setiap hari terasa panas.

Bingsu adalah es serut yang biasanya disajikan dengan topping sirup, azuki (kacang merah manis), tteok (kue beras), es krim, bubuk green tea, keju, aneka buah segar, sereal, dan masih banyak lagi. Es serut di Happy Snow Bingsu ini teksturnya sangat lembut, benar-benar mirip seperti salju! Ada dua macam mangkuk untuk es serut, yaitu small dan large. Untuk mangkuk ukuran large bisa dimakan untuk 2 orang.

Happy Snow Bingsu terletak di Jalan Aria Jipang No. 1-3, Bandung Utara. Anda dapat mengunjungi tempat ini dari jam 10 pagi – 10 malam. Selain bingsu, di kafe ini ada aneka makanan Korea lainnya seperti tteokbokki. Range harga makanan dan dessert di Happy Snow Bingsu mulai dari Rp 15 – 45 ribuan saja.


9. Banyu Leisure Park





Sebenarnya ini bukan kafe, tapi merupakan taman yang dilengkapi dengan tempat makan bernuansa kafe. Banyu Leisure Park baru diluncurkan oleh walikota Bandung, Ridwan Kamil, beberapa waktu ke belakang. Dulunya tempat ini sangat seram kalau dilewati saat malam hari, karena sama sekali tidak ada lampu kecuali dari rumah dan tempat usaha di sekitar tempat tersebut.

Kini, tempat seram tersebut telah bertransfomasi menjadi cafe hits di Bandung yang super cozy. Konsep Banyu Leisure ini seperti pujasera, di mana tempat makan tersebut terdiri dari beberapa stall penjual makanan dan minuman. Tidak hanya makanan saja, tapi di sini juga ada toko baju dan barber shop. Tempat ini dilengkapi dengan mural berwarna-warni yang sangat indah, instagramable banget pokoknya.

Banyu Leisure Park memiliki dua area, yaitu indoor dan semi-outdoor. Di tengah-tengahnya terdapat mini stage, di sana sering ada live music atau dipasang screen untuk nobar. Untuk selengkapnya, Anda bisa datang langsung ke Jalan Ciung Wanara dan follow instagram mereka di @banyuleisurebandung.


10. Chinatown Bandung






Ada tempat yang baru diresmikan oleh Walikota Bandung, Ridwan Kamil, yaitu Chinatown Bandung. Tempat ini terletak di Jalan Kelenteng No. 41. Kawasan tempat wisata baru ini mengusung tema semi-outdoor. Jadi, Anda bisa nongkrong di luar ruangan sambil menikmati pemandangan atau pun di dalam ruangan dan menikmati interior setiap spot yang ada.

Tiket masuk Chinatown Bandung per orangnya adalah Rp 20.000 (sudah include minum). Anda akan menemukan toko-toko jajanan dan makanan berat seperti roti, bakso, mie, bakpao, dan masih banyak lagi. Anda tidak perlu khawatir tentang bahan makanan dan minumannya, karena semuanya dijamin halal.

Sayangnya untuk bertransaksi selanjutnya di dalam Chinatown, Anda membutuhkan kartu debit, kartu kredit atau kartu Flazz dari BCA. Ini bukan promosi, tapi sistem di sana belum bisa menggunakan uang tunai. Semoga kedepannya di Chinatown sudah bisa menggunakan uang tunai agar tidak merepotkan orang yang tidak punya kartu BCA, ya.


Sumber : https://bacaterus.com/?p=9921

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tempat Makan Hits Jogja yang Instagrammable